Sabtu, 02 Maret 2013

Profil dan Biografi John Abraham


Nama                       : John Abraham
Tempat, tanggal lahir : Mumbai , Maharashtra , India, 17 Desember 1972
Profesi                     : Aktor, Model, Produser film
Tahun aktif               : 1997 - sekarang
Pasangan                 : Bipasha basu, 2002 - 2011
                                 Priya runchal, 2011 - sekarang

Dia adalah salah satu model yang sukses di india. Karir nya sebagai pemain film bollywood pun lancar. John memiliki banyak penggemar wanita dan dia dikenal sebagai aktor bollywood yang seksi dan gagah dengan bentuk tubuhnya yang atletis. Senyuman yang mempesona dengan lesung pipit nya membuat banyak wanita tergila gila kepadanya.

Latar belakang kehidupan nya
John lahir dari seorang ayah kristen yang merupakan seorang arsitek dari Alwaye, Kerala. Sedangkan ibunya, Phiroza irani adalah bagian dari komunitas parsi bombay. Sebenarnya nama "parsi" nya adalah Farhan tetapi ayahnya kemudian menggantinya dengan John. Dia bersekolah di Bombay scottish school . Kemampuannya termasuk rata rata , kadang kadang disekolahnya dia menjadi kapten tim sepak bola.

Kemudian pas dewasa dia mendaftar di Jai hind College dan ia telah lulus dengan gelar BA di bidang ekonomi. Sekitar waktu itu dia belajar tae kwon do dengan dibimbing oleh gurunya yang bernama javed khan. Setelah mendapat gelar BA dia melanjutkan pendidikannya di bidang MMS (multimedia) di MET (Mumbai edicational trust) dan lulus tahun 1998. Setelah lulus tahun 1998 dia bekerja sebagai media planner di sebuah agen periklanan di mumbai, Entreprise - Nexus. Pada suatu hari ketika sang model tidak datang, bos nya menyuruh untuk menggantikan nya sebagai model. Dari situ lah awal karir john sebagai seorang model hingga kini.


Karir model
Setelah melakukan pemotretan untuk bos nya, john diminta menjadi model untuk produk  jeans "Live in". Selanjutnya dia mendapat tawaran di foto oleh seorang fotografer fashion terkenal india, Atul kasbekar. Dia terus mendapat tugas permodelan waktu itu. Namun terobosan yang paling besar adalah saat dia memenangkan Gladrags Manhunt contest dan juga tampil di manhunt internasional di Singapura.Setelah menang john mulai mendapat banyak sekali tawaran.

Di Singapura John menerima tawaran dari "Carrie models". Dia melakukan pekerjaan di Singapura juga beberapa tugas di London, Hongkong, dan New york. Saat kembali ke india John menemukan kelangkaan pekerjaan untuk dirinya. Dia kemudian tampil di acara tv dan menjadi model asia pertama untuk produk fashion "Levis". Selain menjadi model waktu itu dia juga tampil di video klip dari musisi Hans raj hans dan Pankaj udhas.

Karir film
Pada awalnya John ditawari untuk berperan di film karya Nandy pritish namun proyek itu tidak berjalan. John memulai debut nya di film "Jism" (2003) bersama dengan Bipasha basu. Film tersebut sukses secara box office dan dia mendapat pengakuan oleh sejumlah kritikus film. Film film nya selanjutnya adalah "Saaya" (2003), "Aetbar" (2004), "Paap" (2004), namun film film nya itu tak satupun yang sukses.

Keberhasilan secara besar pertama nya di tahun 2004 adalah di film "Dhoom" dimana dia berperan sebagai tokoh penjahat. Selanjutnya dia terlihat di film thriller supranatural "Kaal", "Viruddh .. family comes first", "Water" dan "Garam masala", film film itu rilis di tahun 2005. Di film "Garam masala" dia tampil dengan baik dengan tingkah komedinya dan di film "Water" dia mendapat pujian dari sejumlah kritikus.

Pada musim panas 2006, john tampil di konser Rockstar bersama dengan bintang bollywood lainnya yaitu Salman khan, Zayed khan, Esha deol, Kareena kapoor, Shahid kapoor, dan Mallika sherawat. Di tahun itu dia juga tampil di sejumlah film seperti "Zinda", "Taxi no 9211", "Baabul", dan "Kabul express". Dari film film tersebut hanya Kabul express dan Taxi no 9211 yang sukses di pasaran. Pada tahun yang sama dia juga mendapat Rajiv gandhi award dari pemerintah india atas kontribusinya di perfilman bollywood.

Di tahun 2007 dia bermain di film yang menampilkan banyak bintang yaitu "Salaam e ishq" , "No smoking", dan film bertema sepak bola "Dhan dhana dan Goal". Kemudian di tahun 2008 dia bermain bersama Abhisek bhachan dan Priyanka chopra di film "Dostana" dan di tahun 2009 dia dilirik oleh Yashraj film dan kemudian main di film "New york". Film film nya yang rilis di tahun 2011 dan 2012 adalah "Force", "Desi boyz", dan "Housefull 2". Saat ini dia mengerjakan proyek film terbarunya di tahun 2013 yaitu "Shoutout at wadala".

Di tahun 2012 John memulai debut sebagai produser film. Film pertama nya adalah Vicky donor.

Penghargaan yang diperolehnya
 
Juara:
2004 - Bollywood Movie Award - Best Male Debut for Jism
2005 - IIFA Best Villain Award for Dhoom
2005 - Zee Cine Award for Best Actor in a Negative Role for Dhoom
2005 - Stardust Superstar of Tomorrow - Male, Paap
2006 - Rajiv Gandhi Award for His Achievement in Bollywood
2007 - Giant International Awards For His Contribution to Indian Cinema
 
 Nominasi:
2004 - Filmfare Best Debut Award for Jism
2005 - Filmfare Best Villain Award for Dhoom
2006 - IIFA Best Supporting Actor Award for Garam Masala
2006 - GIFA Best Villain for Zinda
2007 - IIFA Best Villain Award for Zinda
2007 - Filmfare Best Villain Award for Zinda
2007 - Filmfare Best Supporting Actor Award for Baabul
2007 - Bollywood Movie Award - Best Supporting Actor for Baabul
2007 - Zee Cine Award for Best Actor in a Negative Role for Zinda
2012 - Filmfare Best Movie Awards for Vicky Donor.

0 komentar:

Posting Komentar