Senin, 14 Januari 2013

Review dan Sinopsis film The Dirty Picture (2011)


Judul film : The Dirty Picture (2011)
Sutradara : Milan luthria
Pemain film : Vidya balan. Tushar kapoor, Naseerudin shah, Emraan hasmi
Penata musik : Vishal -Shekhar
Jenis film : Drama, Semi biografi

FIlm The dirty picture adalah sebuah film bollywood tahun 2011 yang menceritakan mengenai kisah nyata seorang aktris sensasional india selatan di tahun 80 an  yang bernama Smitha sutra (Silk smitha). Artis sexy ini sangat fenomenal sepanjang karirnya dengan berbagai kontroversi. Dia merupakan simbol sex pada waktu itu. Disini Vidya balan memerankan karakter smitha tersebut tetapi nama vidya di film ini menjadi reshma sutra . Namun ini tidak murni biografi, karena masih ada yg diubah disana sini oleh sutradara nya tapi tetap tidak meninggalkan secara utuh garis besar ceritanya.

Sinopsis
Reshma (Vidya balan) adalah seorang gadis desa india yang berkeinginan sekali menjadi seorang aktris papan atas. Dia memutuskan pergi kota Madras (Chennai) sehari sebelum pernikahan nya. Sesampainya di Madras dia ikut casting untuk bermain film . Meski mendapat ejekan dari juri casting tetapi akhirnya dia bisa meyakinkan dan mau menerima untuk menjadi penari latar. Syuting pertama ini dia menari dengan gaya yang sensual. Namun sang sutradara yaitu Abraham (Emraan hasmi) menganggap bahwa penampilan nya sungguh kotor dan tidak pantas untuk masuk di film nya. Akhirnya dia potong adegan waktu Reshma menari tanpa sepengetahuan produser dan lainnya.Setelah film diluncurkan akhirnya flm tersebut gagal di pasaran.

Menurut sutradara dan produser yang senior, kesuksesan sebuah film bergantung pada 3 unsur : Hiburan, hiburan, dan hiburan. Nah, dalam hiburan tersebut tentunya unsur sensualitas adalah yang no.1 . Abraham akhirnya mengusulkan seorang sutradara  agar memasangkan Reshma dengan aktor senior Suryakanth (Naseerudin syah). Reshma pun senang sekali karena itu merupakan impian nya sejak kecil. Akan tetapi Reshma diharuskan untuk beradegan lebih mesra dan erotis dengan suryakanth. Film film nya pun sukses dan menjadikan Reshma aktris papan atas.Kini Reshma pun memberi nama baru untuk dirinya , yaitu Reshma Sutra (Silk). Dia pun selalu percaya diri dan mengatakan pada orang orang bahwa Reshma lahir ke dunia ini untuk memberikan kesenangan.

Adik suryakanth yaitu Ramakanth (Tushar kapoor) yang merupakan seorang penulis naskah film sangat mengagumi Reshma. Tidak seperti laki laki lainnya yang tertarik karena hasrat seksual terhadap kemolekan reshma tetapi Ramakanth menganggap Reshma wanita yang cerdas dan berkarakter.

Hubungan Reshma dan Ramakanth terus berlanjut, namun disisi lain semakin terkenalnya Reshma dengan aksi erotisnya membuat dia sering didemo oleh ormas ormas yang peduli moral. Kritikus kritikus film pun memuat berita yang tidak mengenakkan mengenai Reshma di majalah majalah. Selain karena akting di film nya yang selalu vulgar media media juga menyoroti  mengenai hubungan dekatnya dengan Suryakanth dan adiknya.

Suryakanth selalu menyudutkan dan mengejek Reshma bahwa dia bukanlah "heroine" (pahlawan) atas kesuksesan film film nya melainkan dia hanyalah sesuatu yang kotor dan hina. Semakin dihina Reshma yang dulu innocent khas gadis desa pun kini mulai berani dan berontak terhadap siapa saja yang menzoliminya.Aksi liarnya semakin menjadi jadi. Dia berjanji akan terus membuat "gambar kotor" di film film nya dan tak mau kalah oleh siapapun

Hidup Reshma pun semakin akrab dengan alkohol dan rokok demi menenangkan dirinya atas kesulitan yang dialami. Abraham yang dulu selalu menghinanya pun lambat laun semakin memperhatikan reshma.  Disamping itu kemunculan seorang pendatang baru yang juga tak kalah erotisnya pun semakin membuat posisi Reshma semakin terancam di industri perfilman .

Musik soundtrack
Soundtrack musik ini film ini digarap oleh duo Visal - Shekhar. Tidak seperti yang sebelumnya musik yang dihasilkan vishal shekhar sering bernada hip hop elektro namun di film ini lagu lagu dan musik nya harus lah menonjolkan dan menyerupai musik tahun 80 an. Hasilnya pun cukup lumayan, lagu yang berjudul Oh lala ... yang dinyanyikan Shreya goshal sangat terasa musik pesta nuansa tahun 80 an. Namun ada 1 lagu yang paling beda dengan lain nya dan terasa cukup elegan yaitu yang berjudul Ishq sufiyana yang dinyanyikan Kamal khan .

Kesimpulan
Dengan menonton film ini kita bisa tahu mengenai apa yang terjadi di dalam sebuah industri perfilman. Sebenarnya kehidupan artis yang populer dengan aksi vulgarnya tidak selamanya membuat sang artis bahagia. Namun karena tuntutan peran dan demi mempertahankan gelar artis nomer 1 akhirnya mau saja menerima tawaran itu meski dalam dirinya bosan karena berkali kali melakukan adegan yang sama. Setengah film yang pertama hanya menampilkan proses Reshma sutra menjadi artis dan memang terasa membosankan sekali ,apalagi dengan lagu lagu yang sangat jadul. Namun setengah film yang kedua pastinya membuat mata kita terbelalak mengenai transformasi Sutra yang sedemikian unik dengan segala keberaniannya menghadapi berbagai macam persoalan. Salah satu yang unik disini adalah meski menonjolkan keseksian tapi perut reshma yang berlemak tetap tak jadi masalah dan tambah disukai banyak orang . :-D

Untuk film ini , nilai yang pantas menurut saya adalah 6,7 / 10.







0 komentar:

Posting Komentar