Minggu, 15 September 2013

Kabhi Alvida Na Kehna ,Tentang Hubungan Gelap Pasangan Dewasa


Film Kabhi Alvida Na Kehna ini adalah film dari sutradara Karan Johar yang cukup membuat kontroversi diantara para penggemar bollywood. Film yang dirilis di tahun 2006 ini bercerita mengenai sebuah hubungan gelap pasangan dewasa namun seakan tak ada penyesalan dan rasa bersalah mengenai hal itu. "Kabhi Alvida Na Kehna" dalam bahasa indonesia berarti "Jangan Ucapkan Selamat Tinggal", kata kata itu cukup menggambarkan seluruh isi film tersebut. Film ini cukup sukses di luar negeri ,bahkan mampu mengalahkan film Karan johar sebelumnya yaitu Kabhie Khusi Kabhie Gham.

Judul film : Kabhi Alvida Naa Kehna
Sutradara : Karan Johar
Pemain : Shah rukh khan, Rani mukerji, Preity zinta, Abhisek bhachan, Amitabh bhachan, Kirron kher
Musik : Shankar Ehsaan Loy
Distribusi : Dharma production, Yash Raj Film
Tanggal rilis : 11 Agustus 2006
Durasi : 192 menit
Rating IMDB : 5,7 / 10


Sinopsis
Kisah cinta pasangan dewasa ini menampilkan 2 kisah rumah tangga yaitu pasangan Dev (Shah rukh khan) dengan Rhea (Preity zinta) dan pasangan Rishi (Abhisek bhachan) dengan Maya (Rani mukerji). Lokasi film bertempatkan di daerah perkotaan New York dan menggambarkan suasana gaya hidup yang modern.

Dev adalah seorang mantan pemain sepak bola yang sukses namun kini karirnya meredup semenjak kakinya kecelakaan, sedangkan Rhea adalah seorang wanita karir yang cukup sukses. Dev merasa dirinya lah yang seharusnya mengendalikan kondisi rumah tangga nya dan Rhea merasa kalau Dev adalah orang yang egois. Hari hari mereka dalam rumah tangganya selalu diwarnai konflik dan tak tampak ada kebahagiaan didalamnya.

Kondisi pasangan selanjutnya yaitu Rishi dan Maya pun tak jauh beda. Maya belum sanggup memberi keturunan selama pernikahannya berlangsung dan selalu jengkel atas perilaku suaminya yaitu Rishi yang bersifat kekanak kanakan.

Masing masing Dev dan Maya kemudian bertemu dan dengan cepat menjadi hubungan pertemanan dan juga mengenal pasangan masing masing. Namun antara Dev dan Maya timbul suatu hasrat lain yang berbeda. Dev merasa lebih nyaman menikmati hidup bersama Maya daripada bersama istrinya ,Rhea. Begitu juga sebaliknya dengan Maya, dia merasa Dev adalah teman hidup nya yang seharusnya. Mereka saling curhat mengenai kehidupan rumah tangga masing masing dengan terbuka.

4 tahun lalu mereka pernah bertemu secara tidak sengaja disebuah taman dan saat akan pergi Dev berkata kalau jangan ucapkan selamat tinggal karena mungkin kita akan bertemu kembali. Hal itu mungkin menjadi pembuktian bahwa kini akhirnya mereka bertemu kembali meski dengan status masing masing telah menikah.

Film ini berjalan dengan sangat lambat tapi panas. Maksudnya dari awal film sampai setengah film terlihat biasa biasa saja , obrolan nya, adegan demi adegan, semuanya normal dan terlihat biasa biasa saja seperti film film lain. Tapi menjelang akhir barulah kita tahu jantung dari film ini. Mungkin dengan pemilihan aktor/aktris yang top ini bisa membuat penonton lebih bersabar menanti sisi menariknya meski mata melotot sekian jam di depan layar.

Konflik rumah tangga memang cukup sering ditampilkan di perfilman bollywood. Film film dengan tema seperti ini antara lain Biwi no.1 dan Murder. Di film itu meski awalnya tak menemukan kebahagiaan namun tetap saja pada akhirnya istri sah nya lah tempat berlabuh dan masih bisa tercipta kondisi rumah tangga yang bahagia asal masing masing diri mau instropeksi diri.

Di film ini sutradara Karan Johar tampaknya mempunyai pemikiran yang lain dimana seseorang yang sudah menyandang status menikah masih diperbolehkan membuka hati untuk orang lain. Padahal kalau diterapkan dalam kehidupan sehari hari tentu saja ini akan membuat semakin banyak angka perceraian semakin tinggi. Entah bagaimana bisa aktor sebesar Shah Rukh Khan mau terlibat di film ini , padahal film juga bisa menginspirasi penggemarnya.

Menikah adalah komitmen dan harus dijaga kehidupan didalam nya, meski ada masalah namun bukan berarti dengan gampang bisa bermain main dengan perasaan kepada orang lain.

Rating untuk saya di film ini : 4 / 10



0 komentar:

Posting Komentar