Jumat, 01 Februari 2013

Profil dan Biografi aktor Shahid Kapoor.


Nama                        : Shahid kapoor
Tempat, tanggal lahir  : Delhi, 25 Februari 1981
Tahun aktif                 : 2003 - sekarang
Profesi                       : Aktor, Penari

Latar belakang kehidupan
Shahid kapoor adalah anak dari Pankaj kapoor dan Neelima azeem (seorang aktor dan penari klasik). Orang tua shahid bercerai ketika dia berusia 3 tahun. Setelah bercerai dia tinggal bersama ibunya dan kakek - nenek dari ibu di kota Jhunagad. Meski begitu dia juga tetap berhubungan baik dengan ayah dan ibu tirinya itu. Mengenai agamanya dia lahir dari seorang ayah yang hindu punjabi dan ibunya seorang muslim. Kedua orang tuanya mengajarkan kepadanya bahwa ia harus melihat semua agama tanpa kebencian dan harus memiliki belas kasih kepada setiap orang apapun agamanya. Dia mengatakan bahwa dia hanya percaya terhadap satu tuhan yaitu Allah.swt. Saat kecil dia belajar di Rajhans vidyalaya, Mumbai. Sekarang ini dia adalah seorang vegetarian.

Karir film
Sebelum menjadi seorang aktor shahid bekerja di beberapa video klip musik dan iklan, termasuk iklan pepsi bersama Shah rukh khan, Rani mukherjee, dan Kajol setelah di film Kuch kuch hota hai (1998). Sedangkan Video musik yang menampilkan dirinya adalah "Ankhon me tera hi chehra" oleh Arya dengan Hirisitha bhatt. Meski sudah punya pengalaman syuting video klip dia tetap ikut masuk di kelas menari Shiamak davyar Institut seni pertunjukan (SDIPA). Setelah itu dia tampil di sebuah film karya Subbash gai 'Taal" (1999) sebagai penari latar dalam lagu "Kahin Aag Lage lag jawe" bersama aktris Aishwarya ray. Namun sebelumnya dia juga tampil di film "Dil to pagal hai" (1997) di sebuah lagu "le gaye le gaye".

Tahun 2003 dia tampil sebagai seorang aktor dan mendapat peran utama di film "Ishq Vishq" dengan lawan main Amrita Rao dan Shehnaz Treasurywala. Film ini diterima baik oleh penonton dan dia mendapat filmfare award sebagai pendatang baru pria terbaik. Tahun berikutnya dia main di film thriller "Fida" karya sutradara Ken gosh dengan lawan main Kareena kapoor dan Fardeen khan. Film tersebut gagal menempati box office namun akting Shahid mendapat pujian dari kritikus. Selanjutnya dia tampil di film komedi romantis "Dil maange moore" bersama Soha ali khan, Tulip joshi, dan Ayesha takia. Penampilan di film itu menurut situs Rediff.com dia cenderung banyak meniru Shah rukh khan dan terlihat sangat baik di beberapa adegan. Tahun 2005 film film nya cenderung gagal tetapi film nya yang berjudul Shikhar mendapat cukup pujian.

Tahun 2006 dia main di film "36 China town" yang bercerita mengenai kisah 7 orang dan pembunuhan, selanjutnya tampil di film "Chup chup ke". Kedua film tersebut cukup sukses dengan label moderat.
Di akhir tahun 2006 dia bermain di film romantis "Vivah" bersama Amrita rao. Film ini diterima baik oleh kritikus dan penonton dan menjadi salah satu film terlaris di tahun itu.

Tahun 2007 dia muncul di film karya ahmed khan "Fool and final" tapi film itu gagal . Selanjutnya dia tampil bersama Kareena kapoor di film komedi romantis karya imtiaz ali "Jab we met". Film tersebut sukses dan akting nya diterma baik oleh kritikus dan penonton. Tahun 2009 dia memerankan peran ganda/ kembar di film "Kaminey" yang disutradarai oleh Vishal Bardwaj, film itu mendapat review yang positif. Di tahun itu pula dia dipertemukan dengan Rani mukerji di film "Dil bole hadippa" namun gagal memasuki jajaran box office.

Tahun 2010 dia tampil di film "Dance pe chance" arahan Ken gosh dengan lawan main Genelia D'souza tapi film itu tidak banyak dapat review dari kritikus. Kemudian Yash Raj film pun terpikat olehnya dan akhirnya dia ajak main di film "Badmash company" bersama Anushka sharma dan film itu termasuk sukses diatas rata rata. Di akhir tahun dia bermain di film Satish kausik "Millenge millenge".

Tahun 2011 dia muncul bersama Sonam kapoor di film "Mausam" dan mendapat review yang positif. Selanjutnya di tahun 2012 dia bersama priyanka chopra tampil di film karya Kunal kohli "Teri meri kahaani", meski film itu gagal tapi kinerja nya diakui oleh para kritikus. Di tahun 2013 dia akan bermain di film "Phata poster nikla hero" dan "Rambo rajkumar".

Lain lain
Shahid menangis terharu ketika melihat poster film pertama nya yaitu Ishq vishq tampil di koran koran. Di tahun 2006 dia ikut tur konser bollywood rockstar bersama aktor Salman khan, Kareena kapoor, John abraham, Esha deol, Mallika sherawat, dan Zayed khan.

Daftar film film nya:
1997Dil To Pagal Hai
Penari latar di lagu Le Gayi
1999Taal
Penari latar di lagu "Kahin Aag Lage"
2003Ishq VishkRajiv MathurFilmfare Award for Best Male Debut
2004FidaJai Malhotra
2004Dil Maange MoreNikhil Mathur
2005Deewane Huye PaagalKaran
2005Vaah! Life Ho Toh Aisi!Aditya "Adi" Verma
2005ShikharJaidev "Jai" Vardhan
200636 China TownRaj Malhotra
2006Chup Chup KeJeetu Prasad Sharma
2006VivahPrem
2007Fool n FinalRaja/Rahul
2007Jab We MetAditya KashyapNominated — Filmfare Award for Best Actor
2008Kismat KonnectionRaj Malhotra
2009KamineyCharlie/GudduNominated — Filmfare Award for Best Actor
2009Dil Bole Hadippa!Rohan Singh
2010Chance Pe DanceSameer Behl
2010PaathshaalaRahul KapoorExtended Cameo
2010Badmaash CompanyKaran Kapur
2010Milenge MilengeAmit "Immy" Kapoor
2011MausamHarinder "Harry"Singh
2012Teri Meri KahaaniJawed/Govind/Krish
2013Phata Poster Nikla Hero
Filming
2013Rambo Rajkumar
Pre-production
2013Bejoy Nambiar's Untitled Next
Pre-production




0 komentar:

Posting Komentar