Minggu, 25 Agustus 2013

Film ABCD, Perjuangan Dalam Tarian Hip Hop Anak Muda India






India memang terkenal dengan film yang disisipi dengan tarian meski film film tersebut tidak menceritakan tentang tarian. Bertahun tahun lamanya akhirnya bollywood mengeluarkan juga film yang benar benar murni menceritakan tentang tari tarian yaitu di film ABCD ini yang artinya "Any Body Can Dance" atau "Semua Orang Bisa Menari" . Tak dipungkiri gaya hidup saat ini anak anak muda sangat menggemari tarian hip hop. Film ini menggambarkan sebuah kehidupan para pemuda tersebut yang sangat terobsesi untuk menjadi penari hip hop no.1 di India atau bahkan internasional.

Karena menceritakan tentang sebuah komunitas jadi film ini ada banyak sekali pemain pemain nya, dan semuanya adalah penadatang baru . Namun meski begitu , akting anak anak muda tersebut patut diacungi jempol karena selain bisa berakting di film ini juga dituntut untuk bisa menari hip hop. Satu satu nya yang paling dikenal hanyalah Prabu dheva yang dulu pernah tampil di sebuah lagu film Shakti the power tahun 2002.

Sinopsis :
Wisnu (Prabu dheva) adalah seorang pelatih tari di sebuah akademi tari JDC (jehangir Dance Company) yang didirikan bersama rekan nya yang menjadi manager yaitu "Jehangir khan" (Kay kay menon). Namun karena sebuah perbedaan prinsip akhirnya mereka bertengkar dan membuat Wisnu hengkang dari kerjasama itu. Wisnu berencana pulang kampung ke Chennai namun sahabat dekatnya "Gopi" (Ganesh acharya) membujuknya agar jangan pulang dulu. Pada suatu hari Wisnu mengamati sekelompok anak muda yang dikejar polisi namun dia berlari dengan melompat ala gaya parkour yang unik. Wisnu mendekati anak anak muda tersebut untuk diajak berlatih dan mengikuti kompetisi "Dance Dil Se" . Namun tak mudah untuk melatih anak anak muda tersebut karena mereka menjadi terbagi 2 kubu yang saling tidak akur yaitu kubu yang dipimpin D (Darmesh yelande) dan kubu yang dipimpin Rocky (Salman Yusuf Khan). Selain itu salah satunya ada yang kecanduan narkoba sehingga kadang mengganggu jalan nya latihan. Wisnu menempati sebuah rumah kosong dengan kondisi seadanya untuk dijadikan tempat berlatih.



Di lain sisi, akademi tari yang dipimpin Jehangir khan terus berinovasi dengan mendatangkan pelatih internasional dari luar negeri. Dengan dukungan dana besar dan dengan sarana prasarana yang lebih wah, Jehangir khan berharap bisa menyaingi grup tari yang dibentuk Wisnu yang menurutnya tarian wisnu hanyalah tarian rendahan dan anggota nya hanyalah anak anak kampung yang miskin.

Cerita dari film ini sangat mengalir dengan kejutan kejutan tarian yang unik unik. Emosi yang disampaikan pun terasa ke penonton. Dan pesan moral yang terkandung juga sangat banyak karena film ini menunjukkan tentang persaingan, persahabatan, komitmen, kerja keras, meraih impian, dan lain lain. Konflik antara sesama rekan , konflik antara pelatih dan murid, juga konflik antara anak dan orang tua juga dihadirkan disini.

Latar tema dan tempat mengambil suasana gang gang di perkotaan india, dan beberapa adegan tarian terlihat di suasana hujan hujanan sehingga menambah kesan menakjubkan pada tarian tersebut. Uniknya disini kita bisa melihat 3 agama yang ditampilkan yaitu hindu, islam , dan kristen. Hindu terlihat saat perayaan ganesha ,kemudian islam terlihat pada ayah salah satu murid wisnu yang memakai peci dan sorban, kemudian kristen terlihat pada patung yesus yang terlihat di beberapa adegan. 

Sesuai temanya yaitu film dance modern atau hip hop tapi hip hop disini adalah hip hop india dan tetap menghadirkan suasana india. Seperti kita ketahui musik musik bollywood sering tak lepas dari bunyi bunyian tabuh tabuhan yang membuat alunan lagu lebih rancak dan ngebeat. Dan alunan irama itu menyatu dengan irama hip hop untuk menari yang kebanyakan dialiri musik musik elektro.

Buat para penikmat dan pecinta tari tarian modern atau pecinta bollywood pada umumnya . film ini layak untuk ditonton dan dinikmati.

Rating untuk saya di film ini : 8,5 / 10.

Judul film : ABCD , Any Body Can Dance
Sutradara : Remo D'souza
Produser : Siddarth Roy Kapoor, Rony Screwala
Aktor : Prabhu dheva, Ganesh acharya, Kay kay menon, Lauren Gottlieb, Salman Yusuf Khan
Musik : Sachin - Jigar
Penulis script : Tushar hiranandani
Distribusi : UTV Motion Pictures
Durasi : 143 menit
Rilis : 8 Februari 2013
Rating IMDB : 6,5 /10.

0 komentar:

Posting Komentar