Selasa, 30 Oktober 2012

Profil dan Biografi Aishwarya Ray Bachchan


Profil dan biografi Aishwarya Ray

Nama  lengkap         : Aishwarya Ray
Nama lain                 : Aishwarya Ray Bachchan / Ash
Tempat, tanggal lahir  :  Mangalore , Karnataka, India 1 November 1973
Tempat tinggal           :  Mumbai, Maharashtra, India
Pekerjaan                 : Aktris, Model
Tahun aktif                : 1991 - sekarang
Suami                       : Abhishek bachchan (2007 - sekarang)
Jumlah anak              : masih 1

Awal kehidupan dan karir model

Aishwarya Ray lahir dalam sebuah kleuarga etnik 'Bunt' di mangalore, Karnataka. Ayahnya 'Krishnaraj' adalah seorang ahli biologi kelautan sementara 'Brindya' adalah seorang ibu rumah tangga. Aish memiliki satu kakak namanya adalah 'Aditya Ray' yang memproduseri film 'Dil Ka Rishta' . Keluarga nya kemudian pindah ke Mumbai dan Ash bersekolah di Vidya mandir High school. Setelah lulus Aish melanjutkan ke Jai Hind College selama 1 tahun. Dia terlatih dalam seni tari musik klasik selama 5 tahun di masa remajanya. Pada awalnya pelajaran favoritnya adalah Zoologi (memepelajari tentang hewan hewan) kemudian berkeinginan untuk menjadi seorang arsitek sehingga harus pindah ke Raheja College. Namun akhirnya dia memilih untuk menekuni dunia model.

Aish kemudian menjadi populer sejak membintangi iklan pepsi bersama aktor Aamir Khan. Hingga saat ini dia menjadi model ambassador banyak brand ternama seperti Titan watches, L'oreal, Coca cola, Phillips, Lux, Fuji film, Nakshatra Diamond jewelry, dan lain sebagainya.

Pada tahun 1994 dia memenangkan juara kedua di ajang Femina Miss India namun setahun kemudian dia menjadi juara Miss World 1995 yang diselenggarakan di Afrika selatan. Pada tahun 2000 dia dinobatkan sebagai ' Most beautiful Miss world ' sepanjang masa. Dan seketika itu karirnya di dunia film bollywood terus melaju.

Karir akting

Aish memulai debutnya di film tamil berjudul 'Iruvar' pada tahun 1997. Film tersebut sukses dan menyabet beberapa penghargaan di ajang National film awards dan Belgrade international film festival. Di tahun 1999 Ash membintangi film arahan sutradara Sanjay leela bhansali 'Hum dil de cuke sanam' dengan lawan main Salman Khan dan Ajay devgan.. Film tersebut sukses dan melambungkan namanya sampai sampai mendapatkan penghargaan Filmfare Best Actress Awards untuk yang pertama kalinya. Di tahun 2000 dia beradu akting dengan Shah Rukh Khan di film 'Josh' dan 'Mohabbatein' namun di film 'Mohabbatein' lah yang bisa membuatnya menerima nominasi penghargaan Filmfare Best Supporting Actress Awards.

Tahun 2002 dia bermain kembali bersama Shah Rukh Khan dan Madhuri Dixit di film garapan Sanjay leela bhansali di film 'Devdas' yang merupakan film remake dari sebuah novel berjudul sama. Film itu sangat sukses dan menjadi film terlaris sepanjang tahun 2002.  Gara gara film itulah akhirnya dia mendapat undangan sebagai juri tamu kehormatan di Channes film festival di perancis.

Di tahun 2003 sampai 2005 film film yang dibintanginya tak begitu komersil di pasaran seperti Dil ka rishta, Khakee, Bunty aur bubly, dll. Namun setelah 3 tahun itu di tahun 2006 dia menggebrak di film 'Dhoom 2' dengan akting yang cemerlang sebagai seorang pencuri yang sangat cantik. Berturut turut di tahun 2007 dan 2008 film 'Guru' dan 'Jodha Akbar' juga sangat laris di pasaran.

Di tahun 2010 dia bermain di film tamil bergenre sains fiksi 'Robot (Endhiran)' yang disebut sebagai film dengan biaya pembuatan paling mahal yang pernah dibuat di India. Dia bertemu kembali dengan Sanjay leela bhansali di film 'Guzaarish', dia berperan sebagai seorang perawat yang jatuh cinta pada pasien nya. Tahun 2012 ini rencananya dia akan memerankan film 'Heroine' karya 'Madhur Bhandarkar' namun karena dia sedang hamil sehingga peran itu di pindahkan ke Kareena kapoor.

Penghargaan yang diperoleh

1. Hum dil de cuke sanam (1999) - Filmfare Best Actress Awards
2. Taal (1999) - Nominated Filmfare Best Actress Awards
3. Hamara Dil Aapke Paas Hai (2000) - Nominated Filmfare Best Actress Awards
4. Mohabbatein - Nominated Filmfare Best Supporting Actress Awards
5. Devdas (2002) - Filmfare Best Actress Awards
6. Raincoat (2004) - Nominated Filmfare Best Actress Awards
7. Dhoom 2 (2006) - Nominated Filmfare Best Actress Awards
8. Guru (2007) - Nominated  Filmfare Best Actress Awards
9. Jodha Akbar (2008) - Nominated  Filmfare Best Actress Awards
10. Guzaaris (2010) -  Nominated Filmfare Best Actress Awards.

0 komentar:

Posting Komentar