Senin, 20 Januari 2014

Raanjhanaa ; Kisah cinta satu arah.


Review dan ulasan mengenai film Raanjhanaa .

Sutradara            : Anand L. Rai
Pemain                : Dhanush, Sonam kapoor, Abhay deol
Musik                  : AR Rahman
Rilis                     : 21 Juni 2013
Genre                  : Drama romantis
Durasi                 : 140 menit

Film Raanjhana merupakan film debut dari aktor india selatan yang bernama Danush. Dari penampilan fisik memang tidak seperti kebanyakan aktor india bollywood yang ganteng,gagah dan macho, namun kualitas akting nya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu danush juga yang menyanyikan lagu Why this kolaveri Di yang sempet heboh di internet beberapa waktu lal.

Pada awalnya saya kira film ini hanya berkisar tentang cinta yang tak bisa bersatu hanya karena perbedaan agama. Ternyata dugaan saya salah besar, perbedaan agama hanya sedikit pemanis di film ini.


Sinopsis
Kundan (Danush) adalah seorang anak dari keluarga hindu yang sejak kecil tergila gila dengan zoya (Sonam kapoor). Berbagai cara dia lakukan agar bisa dekat dengan zoya, namun Zoya biasa aja dan hanya menganggap sebagai teman. Zoya berasal dari keluarga islam yang taat dan saat ayah nya mengetahui dia dekat dengan pemuda hindu , dia langsung dikirim ke sekolah agama di luar kota. Berharap suatu saat bisa bertemu zoya, kundan rela bekerja sebagai pembantu di keluarga zoya . Beberapa tahun kemudian zoya pulang dan akan menikah denga pria pujaan nya yang dikenal di kampusnya yaitu jasjeet (abhay deol). Zoya mengatakan pada kundan kalau dia tak mungkin bersatu karena kundan hindu, tapi kemudian ternyata calon suami zoya yaitu jasjeet ternyata juga hindu. Ada sesuatu yang direncanakan zoya terkait pernikahan dengan jasjeet yang hindu namun hancur berantakan saat kundan melaporkan hal tersebut pada keluarga zoya.

Apa yang terjadi selanjutnya, dan apa yang dilakukan kundan demi menebus kesalahan terhadap zoya? Film ini hadir dengan tidak ber melankolis cengeng seperti drama romantis lainnya. Kehidupan politik membalut isi cerita di pertengahan hingga akhir film. Sonam tampak cantik baik saat ber karakter masih bersekolah maupun waktu jadi mahasiswa. Danush juga sangat pas sekali dengan karakter pemuda desa baik hati dengan omongan yang ceplas ceplos yang cenderung kasar seperti kebanyakan pemuda desa.

Seperti hal nya film Barfi, alur di film ini hampir sama seperti itu. Yaitu bagian akhir film ditaruh di awal, kemudian diruntut sedikit demi sedikit dari belakang. Secara keseluruhan film ini lebih menggambarkan pengorbanan yang dilakukan danush demi seseorang yang tidak mencintainya, hampir mirip Rab Ne Bana Di Jodi. Namun kebencian zoya di pertengahan hingga akhir film membuat film ini seperti bukan tentang sepasang kekasih yang jatuh  cinta. Ini adalah kisha cinta satu arah, maksudnya yang jatuh cinta di film ini hanya Danush seorang, dia berkorban apa saja demi gadis pujaan dari awal hingga film selesai.

Musik soundtrack di film ini digarap oleh AR. Rahman. Meski sudah terkenal dengan karya karya yang hebat, tapi entah mengapa di film ini lagu lagu nya berasa aneh dan agak sulit di cerna buat telinga indonesia seperti saya. Padahal kalau lihat di youtube, hampir komen nye positif tentang lagu lagu soundtrack Raanjhana ini.

Nilai untuk saya buat film ini = 7 / 10.

0 komentar:

Posting Komentar