Kamis, 20 Desember 2012

Profil dan Biografi Rani Mukherjee



Nama                        : Rani Mukherjee
Tempat, tanggal lahir  : Mumbai, Maharashtra, India , 21 Maret 1978
Nama lain                  : Rani mukerji .
Profesi                      : Aktris film
Tahun aktif                 : 1997 - sekarang


Latar belakang kehidupan nya
Rani mukherjee adalah seorang aktris film bollywood yang cukup bertalenta . Rani lahir dari keluarga klan Mukherjee - samarth 34 tahun yang lalu di mumbai. Ayahnya bernama Ram mukherjee, dia adalah pensiunan direktur dan salah satu pendiri filmalaya studio, sementara ibunya bernama Krishna adalah seorang penyanyi playback. Adiknya, Raja mukherjee adalah produser film namun sekarang memilih menjadi sutradara. Debashree Roy ,bibinya adalah seorang aktris film bengali sedangkan sepupunya Kajol adalah seorang aktris yang cukup populer di bollywood. Sepupunya yang lain, Ayan mukerji adalah seorang penulis dan sutradara film Wake up sid (2009). Sebagai bagian dari tradisi, keluarga  mukherjee merayakan festival Durga puja di Santacruz setiap tahun. Rani menjadi seorang yang religius, dia selalu ikut bagian ketika ada perayaan perayaan agama bersama keluarganya.

Rani terlatih menjadi seorang penari Odissi (salah satu jenis tarian klasik india) dan mulai belajar tari di kelas sepuluh. Dia disekolahkan di sekolah Cooper Maneckji di Juhu, dan lulus dari universitas perempuan SNDT di bidang ilmu Home science. Meskipun dari latar belakang keluarganya yang terjun di dunia perfilman namun Rani tidak tertarik untuk menjadi aktris. Pada tahun 1994 ada sutradara yang mendekatinya untuk menjadi bagian dalam penyutradaraan film 'Aa Gale Lag jaa' . Ayahnya menolak atas tawaran itu tapi akhirnya dia menyutujui dan mencobanya atas desakan ibunya.

Karir akting
Setelah menjadi cameo di film pertamanya yang berbahasa bengali Biyer phool (1996), Rani memulai film pertamanya yang berbahasa hindi di tahun berikutnya dalam sebuah film drama sosial Raja Ki Aayegi Baraat. Meskipun secara kritik maupun komersil gagal, namun ia menerima review yang positif dalam perannya yang menjadi korban perkosaan dan dia memenangkan specal recognition di Star screen awards. Kegagalan secara komersil di film tersebut membuat Rani kembali melanjutkan pendidikan nya di kampus, namun karena terinspirasi oleh sepupunya yang sukses yaitu Kajol akhirnya dia mencoba untuk bermain film lagi.

Di tahun 1998 di film Ghulam dia bermain bersama Aamir khan. Meski hanya menjadi peran kecil yaitu di lagu 'Aati kya khandala' namun dia mendapat respon yang bagus atas akting nya. Berikutnya dia bermain di film debut Karan johar yaitu Kuch kuch hota hai bersama Shah Rukh Khan dan Kajo. Di film ini dia memainkan peran pendukung yaitu Tina malhotra yang digambarkan sebagai mahasiswa cantik, modern, dan suka memakai rok mini yang masuk dalam sebuah persahabatan Rahul dan Anjelli. Di film Kuch kuch hota hai ini dia mendapat penghargaan sebagai Pemeran pendukung terbaik filmfare awards. Tak disangka pula film ini menjadi sukses luar biasa dan masuk sebagai film tersukses sepanjang masa kala itu.

Menyusul keberhasilan Kuch kuch hota hai, dia kemudian bermain film di sejumlah judul seperti Mehndi (1998) dan Hello brother (1999). Kedua film tersebut secara kritik dan komersil tidak sukses seperti Kuch kuch hota hai. Di tahun 2000 film pertamanya adalah bersama bobby deol di film aksi Badal, film tersebut cukup laris namun mendapat penilaian negatif dari kritikus. Kemudian dia mendapat peran singkat di film Hey ram dari sutradara Kamal hasan yang menceritakan mengenai pembunuhan mahatma gandhi. Film tersebut resmi menjadi wakil india ajang piala oscar tahun itu.

Di tahun 2000 Rani kemudian digandengkan dengan Salman khan di film Har dil Jo pyar karega dan Kahin pyar na ho jaye namun dia dihargai atas peran nya di Har dil jopyar karega dan mendapat nominasi sebagai aktris pendukung terbaik di filmfare awards. Tahun 2001 bersama Salman khan dan Preity zinta lagi dia bermain film Chori chori chupke chupke yang mengalami penundaan tayang setahun. Di film ini Rani berperan sebagai seorang ibu yang harus rela menitipkan anaknya di tubuh wanita lain. Kemudian dia bermain bersama Abhisek bachan dan Anil kapoor di film Bas itna sa khwab hai dan Nayak : The Hero real . Setelah diluncurkan kedua film tersebut masih berada di bawah box office. Di akhir tahun dia juga memerankan peran kecil di film Kabhie khusie kabhie Gham, lagi lagi sebagai penghalang antara cinta Rahul dan Anjelli.

Pada tahun 2002 dia bermain film bersama Hrithik roshan dan Kareena kapoor dalam film garapan Kunal kohli  Mujhse dosti karoge . Meski di india tidak begitu sukses tapi di luar negeri film itu cukup menghasilkan. Di tahun itu juga dia bermain bersama Govinda di film Pyar diwana hota hai dan Chalo ishq ladaye. Di akhir tahun itu dia bermain di film yang cukup mencuri perhatian yaitu Saathiya bersama Vivek oberoi. Dia memenangkan special critics filmfare awards berkat peran nya di film saathiya dan sekaligus mendapat nominasi aktris terbaik filmfare awrads.

Tahun 2003 dia bersama Shah rukh khan memerankan sepasang suami istri yang dilanda maslah di film Chalte chalte garapan sutradara Aziz mirza. Di film itu Rani mencoklatkan kulitnya dan terlihat eksotis. film chalte chalte masuk dalam jajaran box office kala itu. Tahun 2004 dia bermain di banyak film seperti Yuva, Hum tum, dan Veer zaara .Di film Veer zaara ini dia memerankan seorang pengacara yang membantu memecahkan masalah pasangan tua Veer pratap singh (Shah rukh khan) dan Zaara hyaat khan (Preity zinta). Film itu sukses secara komersil. Tahun 2005 dia bermain di 4 film yang cukup besar yaitu : Black, Paheli, Bunty aur bubly, dan the rising.

Tahun 2006 dia membintangi sebuah film drama dewasa Kabhi alvida na kehna bersama banyak bintang top seperti Amitabh bachan, Shah rukh khan, Abishek bachan, Preity zinta, dan Kirron kher. Meski cerita film itu agak kontroversi karena menampilkan perselingkuhan yang cukup berani namun film itu sukses diseluruh dunia. Tahun 2007 - 2009 dia bermain di film saawariya yang gagal namun berikutnya mendapat kesuksesan di Laaga Chunari mein daag bersama Jaya bachan, Abhisek bachan, Konkona sen, dan Kunal kapoor. Berikutnya Thoda pyar thoda magic juga gagal namun cukup sukses di film Dil bole hadippa. Tahun 2011 dia memerankan seorang reporter yang mencari berita mengenai kasus pembunuhan model terkenal di film No one killed Jessica bersama vidya balan, di film tersebut dia mendapat penghargaan ketiga sebagai artis pendukung terbaik filmfare awards.

Tahun 2012 ini dia membintangi film komedi Aiyya dan film thriller psikologi misteri bersama Aamir khan dan Kareena kapoor dalam film Talaash. Film talaash mendapata review yang positif dan cukup komersil di pasaran.

Lain lain
Rani memiliki tiga rumah di Mumbai termasuk rumah masa kecilnya . Dia sekarang tinggal di Juhu, kawasan mumbai. Rani lebih dikenal tertutup dan membatasi diri kepada media. Dia dikenal cukup berteman cukup dekat dengan Shah rukh khan , Karan johar, dan Aamir khan. Selain piawai dalam akting dia cukup sering ikut dalam tur konser aktor terkenal seperti Shah rukh khan dan Aamir khan. Dia ikut ambil bagian dalam 19 pertunjukan konser Temptation di seluruh dunia bersama Priyanka chopra, Arjun rampal, Saif Ali khan, Preity zinta dan Shah rukh khan. Yang terbaru adalah saat dia konser di Jakarta bersama Bipasha basu, Preity Zinta, dan Shah rukh khan.

0 komentar:

Posting Komentar