Minggu, 18 November 2012

Ulasan film Taare zameen par (Seperti bintang di bumi)

Judul film : Taare zameen par
Pemain : Darsheel safary, Aamir khan
Tanggal rilis : 21 Desember 2007
Produser : Aamir Khan
Genre : Drama Keluarga
Tema film : Anak anak, Pendidikan, psiko drama.
Sutradara : Aamir khan, Amole Gupte, Ram Madhvani


Dasar cerita
Setiap anak memiliki keistimewaan sendiri sendiri dan terlihat seperti bintang di bumi, mungkin itulah yang ingin disampaikan oleh Aamir khan yang bertindak sebagai Sutradara dan Produser film ini. Ishaan nandikishore Awasthi (Darshel safary) adalah seorang anak berusia 8 tahun yang tidak seperti anak anak yang lainnya. Dimana anak seusia dia mampu membaca dan menulis dengan lancar ishaan masih belum bisa melakukan itu semua. Ayahnya adalah seorang bisnisman yang sukses dan menginginkan anak anaknya sukses pula. Ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang baik terhadap anak anaknya. Kakak ishan yang bernama Yohan adalah seorang siswa yang cerdas dan sering mendapat prestasi, kebalikan dengan yang dialami ishaan.

Setiap hari ishaan selalu mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran. Buku dan pelajaran sehari hari adalah layaknya musuh yang menakutkan. Makian dan bentakan dari guru gurunya adalah kesehariannya. Untuk menutupi kekurangan pada dirinya tersebut dia sering berontak dan bertindak yang menurut orang orang pada umumnya adalah nakal. Karena suatu hal dia membolos saat jam pelajaran matematika berlangsung dan dia membuat surat ijin palsu yang dibuatkan kakaknya dengan terpaksa. Ayahnya yang mengetahui surat ijin palsu itu akhirnya marah dan ingin mengetahui perkembangan ishaan disekolahnya. Ayahnya sangat marah dengan ishaan yang tak mampu berprestasi dan selalu mendapat nilai nol di setiap mata pelajaran nya.



Untuk mewujudkan agar Ishaan bisa seperti kakanya 'yohan' yang sangat pintar maka ishaan dipindah ke sebuah sekolah asrama dan harus jauh dari orang tuanya.

Musik dan backsound
Musik untuk film ini dibuat oleh trio Shankar ehsaan loy . Lagu lagunya memang kebanyakan digunakan untuk back sound dan hanya ada 1 lagu yang ditampilkan dengan menyanyi dan menari . Secara keseluruhan musiknya cukup bagus dan mewakili dengan tema cerita yang ada. Baik saat senang maupun sedih musik yang ditampilkan sangat pas dan terdengar universal, maksudnya adalah tidak begitu banyak alat musik khas india seperti gendang atau sitar. Untuk lagu dan musiknya admin beri skor 8 / 10.

Kesimpulan
Film ini merupakan film keluarga yang sangat menarik menghibur dan mampu menguras air mata. Sebuah film dengan pemeran anak anak namun digarap dengan sangat serius dan penuh penghayatan sehingga sangat berkelas dan tidak main main. Ketika menonton film ini sungguh sangat menggugah hati, karena bagaimanapun kita juga pernah mengalami masa masa menjadi anak anak. Beban yang ditanggung ishaan di film ini sangat jelas mengalir sempurna ke dalam hati setiap yang menonton nya. Tidak banyak film film yang sukses tapi juga mendidik untuk anak dan orang tua seperti film ini.

Adegan yang sangat menyedihkan yaitu ketika perpisahan ishaan dengan orang tuanya di depan gerbang sekolah asrama. Saat itu air mata rasanya tak tahan untuk keluar. Selain itu saat saat ketika ishaan harus mendapat amarah dari guru guru maupun orang tuanya juga sangat menyentuh hati. Kondisi jiwa ishaan yang tertekan tergambar jelas berkat akting nya yang sangat meyakinkan. Terjemahan  lagu lagunya begitu puitis dan indah tentang arti kehidupan bagi seorang anak berusia 8 tahun yang tidak banyak orang dewasa mengetahui dan mengalaminya. Film ini merupakan film yang sangat full tentang pendidikan dan psikologi anak. Tidak ada satupun adegan dan karakter percintaan yang ditampilkan di film ini.

 Film dengan tema anak memang tidak begitu banyak di bollywood dan film ini adalah yang terbaik dan tersedih selama saya menonton film film bollywood. Disamping cerita dan adegan yang unik di film ini juga disisipi dengan animasi yang keren seperti film film sains fiksi tapi hanya sedikit. Darsheel safary sangat unik dan keren dalam berakting sehingga dia mendapat nominasi di ajang Filmfare best actor dan dia adalah satu satunya penerima nominasi best actor yang paling muda usianya sepanjang sejarah Filmfare award. Namun dia harus merelakan award untuk kategori best actor kepada shah rukh khan dalam 'Chak de India'.

Skor yang saya berikan untuk film ini adalah 10 / 10 .



0 komentar:

Posting Komentar