Sabtu, 08 September 2012

Grup band Vagetoz menyanyikan lagu india tamil

Lagu lagu bollywood yang mendunia memang sudah menjadi fenomena tersendiri namun kita hampir tidak pernah mendengar lagu lagu india lainnya yang bukan berbahasa hindi. Di India bagian selatan disana juga ada perfilman seperti bollywood namun menggunakan bahasa tamil. Lagu berbahasa tamil di tahun 2012 yang kini sedang naik daun ini adalah lagu yang berjudul " Why this kolaveri di" . Lagu ini adalah soundtrack dari film tamil yang berjudul "3" .

Irama di lagu ini merupakan perpaduan dari irama modern dan tradisional dari india selatan. Dalam hitungan waktu yang cukup singkat sejak diluncurkan lagu ini menjadi fenomenal di hampir seluruh kawasan asia. Di India sendiri lagu ini menjadi yang paling banyak dicari di youtube. Kebanyakan orang india dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris sambil juga diselingi dengan bahasa asli mereka, mirip seperti orang melayu di singapura atau malaysia. Lagu ini juga merupakan kombinasi antara dua bahasa yaitu tamil dan english atau lebih mudahnya disebut "tanglish". Pencipta dan penyanyi dari lagu ini adalah Danush dan diedarkan oleh Sony Music India.


Setelah lagu ini dirilis, hashtag di twitter #Kolaveri menjadi trending topics dunia pada malam hari 21 November 2011 yang lalu. Kepopuleran dari lagu ini pun mendapat perhatian dari BBC dan Time Magazine untuk ikut memberitakannya dengan respon yang positif. Orang orang india yang ada diseluruh belahan dunia pun terinspirasi untuk melakukan tarian flashmob di tempat tempat umum seperti yang terjadi di Sydney, Auckland, Kuala lumpur, Mumbai.

Dan ternyata sebagian musisi tanah air kita pun terinspirasi untuk menyanyikan lagu "Why this kolaveri di" ini. Grup band Vagetoz yang selama ini menyanyikan lagu lagu berirama pop sedih ikut ambil bagian untuk menyanyikan ulang kedalam bahasa indonesia. Hasilnya pun sangat keren , meski ada unsur musik musik khas india tapi di tengah tengah lagu diselingi dengan irama khas sunda . Berikut ini adalah video Vagetoz yang menyanyikan lagu Why this kolaveri Di
<

0 komentar:

Posting Komentar